Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan

 

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan



PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN


Pada era globalisasi seperti yang terjadi pada saat ini, teknologi sudah menjadi salah satu unsur bagian dalam kehidupan. Dimana seperti yang kita tahu bahwa kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini memang memberikan dampak yang sangat berarti kepada pola hidup manusia.

Pengaruh dari kemajuan teknologi, khususnya dari kemajuan teknologi informasi terbagi menjadi dua macam yaitu dampak positif dan dampak negatif.Tetapi, semua itu kembali lagi pada cara manusia itu sendiri untuk berfikir dan bagaimana dia memanfaatkan kemajuan Teknik Informatika (TI),apakah untuk sesuatu yang bersifat membangun dan bermanfaat atau ke negative.


Adapun untuk dampak positif pengaruh teknologi dalam kehidupan sebagai berikut :

a. Memudahkan Pendidikan

Pada era modernasisasi, teknologi berperan penting dalam bidang pendidikan sebagai pengubah sistem pembelajaran yang sebelumnya lebih monoton kini menjadi berubah menjadi menarik dan mudah diapahami bagi siswa karena adanya peran teknologi sebagai penunjang media untuk belajar. 

Sehingga siswa pun tidak akan bosan selama proses belajar berlangsung. Bahkan dengan berkembang pesatnya teknologi masa kini, belajar juga dapat melalui dengan media sosial yang mana dapat menambahkan pengetahuan serta kekreativitas seseorang melalui teknologi pada kehidupan sehari-hari.

b. Menunjang Kesehatan

Dengan adanya kemajuan teknologi, akses kesehatan pun juga semakin mudah. Dalam bidang kesehatan, penerapan teknologi bisa dilihat dari adanya smart card, BPJS, asuransi kesehatan,selain itu, kemajuan teknologi juga memudahkan dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien, serta memudahkan pasien untuk mendaftarkan diri untuk berobat ke sebuah puskesmas atau rumah sakit hanya dengan sebuah teknologi.

c. Memudahkan dalam berbisnis

Dalam dunia bisnis teknologi sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan daya saing dalam berbisnis antara seorang pembisnis dengan pembisnis lainnya. Sebagai contohnya pada zaman dulu manusia biasa melakukan jual beli dipasar dan bertemu langsung dengan pelanggan. 

Kini semakin berkembangnya teknologi, manusia diberikan kemudahan untuk bisa berjualan atau berbelanja dari rumah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini seperti contohnya shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya. Bahkan bagi seorang yang ingin berbisnis sebagai penjual dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dengan menjadikan dirinya sebagai affiliate sebuah toko online yang sudah tersedia dalam aplikasi-aplikasi android maupun ios.

d. Menghubungkan ke berbagai orang

Kemajuan teknologi yang kini semakin pesat memudahkan orang-orang untuk saling berkomunikasi. Jika dahulu sulit bagi seseorang untuk bertemu jika jarak jauh, kini jarak bukan lagi halangan untuk saling berkomunikasi. 

Dengan adanya teknologi orang-orang bisa berkomunikasi tanpa batasan. Serta di berbagai kalangan dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan sebuah teknologi seperti contohnya handphone, laptop, ipad, dan lainnya.

e. Penyebaran informasi yang sangat cepat

Hal yang sangat mencolok dari perkembangan teknologi adalah cepatnya penyebaran informasi dari satu orang ke orang lainnya. Keberadaan internet pada masa ini membuat informasi bisa diakses kapan pun dan dimana pun dalam hitungan detik. 

Penyebaran informasi yang sangat cepat ini memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi terbaru yang mana pada zaman dahulu penyebaran informasi hanya melalui radio, surat kabar dan lainnya. Akan tetapi, pada zaman sekarang penyebaran informasi dapat melalui radio, surat kabar, televisi, internet, media sosial, dan lainnya, yang mana peluang untuk penyebaran informasi sangat cepat.

Sedangkan dampak negatif dari pengaruh teknologi dalam kehidupan antara lain :

a. Pelanggaran hak cipta

Dari banyaknya manfaat teknologi dalam membantu kehidupan manusia, tidak dapat dihindari bahwa kecanggihan tersebut juga membawa dampak buruk. Salah satunya adalah banyaknya kasus pelanggaran hak cipta oleh oknum-oknum tertentu yang dapat merugikan dari seorang pembuat karya seni atau karya tulisan. Pelanggaran hak cipta juga memungkinkan oknum-oknum menjual kembali suatu hal atau barang tanpa adanya izin.

Salah satu contoh dari pelanggaran hak cipta yang banyak terjadi ialah kasus pembajakan film, karya tulisan, foto, ataupun sebuah konten. Dari banyak nya pelanggaran hak cipta yang sering terjadi tentu akan sangat merugikan para pencipta karya nya. Maka dari itu pemerintah membuat undang-undang tentang hak cipta.

b. Munculnya kejahatan keamanan website / internet

Kejahatan keamanan dalam komputer atau istilah nya cyber crime ialah merupakan suatu tindak kriminal yang dilakukan secara online dan melibatkan sebuah perangkat komputer. Sebagai contohnya yang sering terjadi pada kejahatan cyber ini adalah seorang oknum yang mencuri data-data pribadi yang bertujuan untuk menjual data-data pribadi ke seseorang untuk mendapatkan keuntungan personal. Maka pengguna teknologi masa kini harus berhati-hati dan bersikap bijak dalam memberikan informasi tertentu terutama data pribadi.

c. Perjudian

Kecanggihan teknologi digital pada masa kini juga dapat disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk menyebarkan penipuan dan perjudian online, yang sebagaimana contoh nya seperti kasus indrakenz dan doni salmanan pada tahun 2021 silam tentang sebuah aplikasi atau website perjudian yang dilandaskan investasi online atau pun biasa disebut trading. 

Hal ini membuat ketertarikan pada kalangan remaja sampai kalangan orangtua yang untuk mendapatkan uang dengan cara lebih cepat, lebih mudah dengan tanpa bekerja, akan tetapi hal tersebut justru boomerang bagi orang-orang yang tertarik akan hal tersebut dikarenakan website atau aplikasi tersebut dapat dikenadalikan oleh seseorang agar dapat mendapatkan keuntungan individual. Hal ini membuat kerugian bagi pengguna website atau aplikasi tersebut.

d. Penipuan

Berkembangnya teknologi masa kini juga dapat berdampak pada berita-berita yang tidak benar bahkan dapat sampai pada tahap penipuan yang dapat membuat seseorang mendapat kerugian akan tindakan keserakahan atau kepentingan individual. Sebagaimana kita sering jumpai banyak penipuan yang sering terjadi entah penipuan dari panggilan telepon, jual beli online, dan lain sebagainya. Maka dari itu kita harus selalu bijak dan berhati-hati dalam menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penipuan yang semakin merajalela.

e. Penyebaran Malware

Penyebaran malware adalah salah satu dampak negatif perkembangan teknologi lainnya dikarenakan malware dapat merusak sebuah komputer dan juga data-data yang terdapat dalam komputer. Bahkan, terkadang malware juga digunakan untuk meminta uang kepada korban sebagai ancaman bagi korban akan keselamatan sebuah komputer beserta data-data yang terdapat dalam komputer korban. Hal ini dapat merugikan salah satu pihak yang mana satu pihak dirugikan sedangkan satu pihak lainnya mendapat keuntungan dari kerugian seorang yang mendapat ancaman.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus meningkat seiring kebutuhan manusia. Dengan berkembang dan majunya TIK pekerjaan dan masalah-masalah yang kita hadapi jadi lebih mudah diselesaikan, tetapi menurut saya, perkembangan dan penggunaan TIK dalam kehidupan sehari hari akan jauh lebih baik dan bermanfaat apabila kita terus belajar dalam dunia tekologi masa kini dikarenakan semakin bertambah tahun teknologi akan semakin lebih canggih dan lebih sederhana dalam penggunaannya. Itulah dampak yang bisa ditimbulkan dari berkembang pesatnya teknologi di era sekarang. Dampak positif dan negatif tersebut tentunya akan berimbas pada kehidupan sehari-hari. Dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia pastinya tidak dihindari.

Komentar