Penerapan Teknologi Tepat Guna berupa Website untuk Menunjang Pengenalan Wisata Desa Temon

 

Penerapan Teknologi Tepat Guna berupa Website untuk Menunjang Pengenalan Wisata Desa Temon





Ponorogo, 18 Januari 2023 - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang diterapkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia salah satu contohnya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kelas ke dalam konteks masyarakat khususnya desa Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo ini.

KKN ini dilakukan dengan cara menempatkan mahasiswa di desa untuk melakukan kegiatan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dan juga membantu masyarakat setempat dalam mengembangkan kebutuhan mereka sehingga menjadi lebih mudah.

Dalam menjalankan kegiatan KKN ini Bayu Aji Pamungkas selaku Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, kali ini di harapkan untuk dapat membantu mengembangkan kebutuhan pada sentra wisata yang ada pada Desa Temon tersebut, dengan di bantu oleh dosen pembimbing Bapak Edwin Ramadhani Sampurna S.ST, MT. , pengembangan tersebut akhirnya di simpulkan dengan dilakukannya pembuatan Website sebagai penunjang pengenalan sentra wisata desa, untuk mitra yang di tuju adalah kelompok Bayangkaki untuk pengembangan sentra wisata desa, dan untuk pengembang website untuk kedepannya adalah bapak Triyono selaku pengurus desa Temon.


Pada desa Temon kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo ini dapat kita ketahui memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup berlimpah, bahkan tidak dapat kita pungkiri bahwa wilayah tersebut juga memiliki berbagaimacam sentra Wisata yang tak kala indah dan cantiknya dibandingkan dengan wisata lain di dunia, namun kekurangan tersendiri yang ada adalah banyak orang yang tidak mengetahui mengenai adanya wisata yang indah nan elok tersebut.


Di sinilah manfaat dari Website wisata desa tersebut di perkenalkan, dengan di adakannya website tersebut maka pengenalan mengenai wisata-wisata jempolan pada desa Temon Ponorogo tersebut dapat tersebarluaskan, di dalam website tersebut juga kita dapat membaca cuitan kisah dari asal usul desa ataupun asal usul kisah wisata yang akan kita kunjungi pada desa tersebut juga.

Manfaat lain dari adanya website tersebut juga dapat membantu perkembangan pada UMKM pada sentra wisata tersebut, ada juga dengan memanfaatkan sistem Boking yang ada pada website tersebut untuk mengembangkan perekonomian desa, dan juga sisi positif yang dapat kita ambil adalah perkembangan wisata desa dapat meningkat drastis dan akan banyak sekali penambahan lokasi spot untuk foto ataupun spot untuk mengembangkan wisata tersebut menjadi lebih menarik lagi.

Komentar